Sunday, April 11, 2010

Aqidah Islamiyah




Makna Aqidah



  • secara bahasa : 'Aqdun atau 'Aqooid, yaitu akad atau ikatan. Ikatan yang mengikat seluruh umat manusia dengan nilai-nilai ajaran Islam

  • secara istilah : sesuatu yang wajib diyakini tanpa keraguan, diikrarkan dengan lisan, dan dilakukan dalam perbuatan sehari-hari.

Aqidah diibaratkan sebagai pondasi bangunan Islam. Maka, jika pondasinya saja masih lemah, bagaimana mau melanjutkan pembangunan ke tahap selanjutnya? Jadi dibutuhkan aqidah yang kuat untuk terus memajukan dan membangun Islam.

Aqidah adalah misi dakwah yang dari awal hingga akhir di bawa Rasulullah SAW tidak pernah berubah karena perbedaan zaman (QS 42:13).

Hati lah yang menjadi standar penilaian kekuatan Aqidah kita (QS 26:88-89). Jadi, jika hati kita masih sering tergoda dengan hal-hal yang dilarang oleh Allah (dan memang bgt sifat manusia), itu menunjukkan Aqidah kita masih belum kuat.

Tauhid

Memperkuat Aqidah dimulai dengan mempelajari ilmu tauhid (QS 112:1-4). Tauhid berasal dari kata wahhada yang artinya menjadikan satu. Maksudnya, menjadikan Allah SWT satu-satunya Tuhan yang berhak di sembah, mengakui keesaan Allah.

Macam-macam tauhid :

  1. Tauhid Uluhiyah --> mengesakan Allah sebagai satu-satunya yang berhak disembah (ilah)
  2. Tauhid Rububiyah --> meyakini bahwa Allah lah pencipta dan penguasa seluruh alam semesta
  3. Tauhid asma dan sifat Allah --> meyakini 99 asma Allah dan sifat Allah sepenuh hati


No comments:

Post a Comment